Categories

Sunday, February 28, 2021

Frida Kahlo Doll Workshop

Ini pertama kalinya saya mengadakan kelas craft selama pandemi. Pertama kalinya juga saya mengadakan kelasnya online. Selalu ada momen pertama di setiap hal ya? Selalu hal pertama ini yang bikin gugup dan banyak kekhawatiran.


Kelas online yang diadakan sebenernya  ada plus minusnya. Plusnya, peserta bisa dari mana aja, karena ga terbatas tempat, transportasi. Waktu pengerjaan bisa lebih fleksibel, karena ada selang beberapa hari pengiriman kit ke peserta, jadi bisa dikerjakan sesegera mungkin ketika waktu luang. Harga lebih terjangkau , memangkas biaya sewa tempat dan transportasi. Jumlah peserta bisa lebih banyak dibandingkan offline.  Minusnya, vibe kursusnya kurang terasa, karena gak ngumpul, ga langsung praktek bareng , karena biasanya itungannya dateng ke workshop itu untuk hiburan. Tapi dengan segala kekurangannya, semoga semua peserta mendapatkan pengalaman dan keterampilan baru.

Kelas online Frida Kahlo doll ini, diselenggarakan oleh Menimba Ilmu . Jadi peserta dikumpulkan via WA grup tanggal 26 Februari 2021. Saya dari sebelumnya sudah menyiapkan materi dan bahan-bahan. Saya bukan orang yang bisa atau mahir gambar. Jadi , urusan pola pun, gak pernah saya sketsa. Kalau lagi bikin boneka, biasanya saya gunting dulu, baru hasil guntingannya saya jiplak jadi pola. Beres trial and error , masuklah saya ke pembuatan tutorial.  Untuk tutorialnya saya berikan dalam bentuk booklet, dan video.

keringetan bikin booklet

Jujur , udah lama saya gak ngerjain urusan depan laptop, jadi bikin booklet dan video buat saya susah banget. Harus pilih apps yang mau dipakai, harus belajar lagi buat pemakaiannya. Untuk video, saya pakai Inshot, untuk booklet saya pakai canva. Dua-duanya saya pakai yang berbayar. Kenapa gak pakai yang versi gratis, nanti saya jelaskan di postingan selanjutnya ya.

Semua proses saya kerjain sendiri, mulai dari desain, merekam video, edit, cetak booklet, sampai menyiapkan kit & kirim2. Tapi ada pak suami dong yang setia nganter2in ke sana ke mari. Jadi nano-nano deh rasanya.


Hari H jadwal workshop, saya udah standby di ruangan saya . Sebenernya agak bingung, karena selama beberapa hari, gak ada pertanyaan masuk. Jadi saya bingung mau ngapain, karena sesi online ini, harusnya jadwal saya buat menjawab pertanyaan masuk. Tapi ternyata pas mulai, ternyata jalan aja acaranya, udah ada yang jadi, ada yang nanya2. jadi gak kerasa juga udah 2 jam saya isi kelas onlinenya. 

ini hasil dari beberapa peserta . Yang bikin kaget, ternyata banyak peserta anak. Malah ada yang masih 8th, semangat bikin sendiri, dan jadi.  Keren banget.

Mungkin kalo diliat, kayak ribet banget saya nyiapin workshopnya. Ya namanya tanggung jawab , saya ga mau nanggung ngasihnya. Seperti perhitungan bahan, saya perkirakan juga kalau misalnya ada salah gunting bahan, salah tempel dll, masih ada sisa bahan yang dipakai. Sebisa mungkin semua beres ngerjain di rumah masing2. Yang penting lega rasanya liat sudah ada peserta yang selesai, berarti ga ada yang miss di workshopnya. 

Kapok bikin workshop online? tentu tidak. Sambil nulis ini pun sebenernya saya sambil siapin materi workshopnya. Materinya apa? Tunggu pengumumannya yaaaa

No comments :

Post a Comment

Back to Top