Categories

Wednesday, February 24, 2021

Kembali Posting di Blog

Jujur, sejak kenal facebook  dan  instagram, frekuensi menulis di blog jadi jauh berkurang. Alasan laptop kurang mumpuni lah, ribet kalau pake hp lah, dsb. Apalagi dengan adanya fitur stories, gak perlu mikir lama, susun kalimat. Tinggal cekrek , tulis dikit, upload. Ga perlu khawatir typo atau ada informasi yang keliru, toh 24jam terhapus sendiri, viewnya banyak pula.

Suatu hari cek grup mamah-mamah, ada subgrup untuk ngeblog. Mamah Gajah Ngeblog ngasih tantangan untuk ngeblog dengan tema-tema tertentu tiap bulannya. Sebagai ibu2 agak ambisius , pengen nyoba dong, sambil mikir bisa gak ya sebulan sekali. Coba join grup, ngintip aja dulu. Ternyata banyak yang profesional banget. Minder? enggak lah, malah seneng, bisa belajar dari yang pro. 

Sebelum nulis postingan ini, saya cek blog sendiri. Dulu desain blognya modal liat tutorial sana sini di internet. dengan modal modif nekat, saya cukup puas dengan hasilnya. Gak bagus banget memang, tapi cukup . Dulu saya simpan segala macam imagenya di photobucket, yang kalau sekarang saya buka blog, penuh dengan watermark photobucket. Mau ngatur ulang semuanya kok ya udah lupa gimana caranya. Jadi saya ambil jalan pintas. Beli aja lah templatenya shaaay... walaupun masih harus diatur lagi ini itunya, seenggaknya cukup untuk sekarang. 

Sambil mikir mau posting apa, saya baca-baca postingan lama. Pertanyaan "Selama ini ngapain aja sih?"  setiap malem sampai insecure, ternyata ternyata terjawab di setiap postingan. Dokumentasi kegiatan. Saya terlalu sibuk mikirin feed instagram lah, males posting , padahal setiap masa ada keseruannya, yang sayang sekali kalau tidak didokumentasikan. Saya pikir foto sudah cukup, karena memang foto saya seabrek. Tapi ternyata foto tanpa deskripsi rasanya memang kurang. Baca blog sendiri itu kayak nostalgia, kalo liat pencapaian ikut senang, baca drama dan curhat kesedihan malah jadi bersyukur karena ternyata sampai detik ini masih bertahan. Malah banyak informasi yang saya dapet pas saya baca lagi isi blog saya. Ternyata saya pelupa. 

Setelah baca postingan-postingan  lama, saya semakin yakin buat kembali ngeblog. Blog pertama saya dibuat di Multiply sekitar tahun 2008an . Awalnya ikut-ikutan aja, karena sosmed belum seramai sekarang. Kayak keren gitu kalau punya blog.  Interaksi dengan teman-teman sehobi jadi lebih mudah, campur dagangan ini itu,  alhamdulillah banyak teman multiply yang sampai sekarang masih menjalin silaturahmi. Di Multiply ini juga saya tau dunia online shop . Dulu taunya jualan craft saya di Rileks aja (anak kampus angkatan lama mah pasti hapal ini). 

Tahun 2010 saya mulai melirik Blogspot, karena multiply mulai geser fungsi ke arah marketplace, sekarang malah udah tutup ya multiply. Sempat punya juga blog di wordpress, tapi saya lupa password, berujung malas diisi lagi. Blog ini saya isi dengan kegiatan sehari, project craft , tutorial . Seiring pertambahan umur, bergeserlah topik ke arah persiapan pernikahan, lalu ke arah kehamilan, lahiran, mengurus anak dan seterusnya. Yang awalnya khusus untuk craft , jadi mulai campur ke kehidupan pribadi. Kegiatan menulis di blog pelan pelan pudar waktu saya mulai punya anak. Mungkin lelah, mungkin sibuk , jadi setiap mau nulis, bawaannya mau ngeluh aja, komplain. Sementara saya gak mau dong kalo isinya curhatan sedih aja, sementara kalau senang , malah lupa nulisnya. Makin jarang lah posting. Teman-teman yang dulu sering update blogpun sekarang makin jarang. 

Buat saya, masih lebih gampang buat tutorial daripada buat tulisan panjang seperti ini. Diingat-ingat lagi, dari kecil saya memang suka menulis diary, tapi lebih senang lagi di bagian hias menghiasnya. SMA pun masih menulis diary, tapi dalam bentuk komik strip . Semuanya udah hilang entah ke mana, padahal kayaknya lucu ya kalau dibaca lagi. Antara lucu atau malu sih, hehehe. Jadi nulis di blog pun tetap banyak foto foto penunjang tulisan. 

Tapi kembali ke niat awal ngeblog, Dokumentasi dan sharing. Mudah-an dengan join komunitas Mamah Gajah Ngeblog, makin semangat buat kembali menulis, dan kembali jadi rutinitas seperti dahulu . Mohon bimbingannya ya mamah-mamah.. 

Berhubung ada mamah-mamah yang mampir ke sini, izinkan saya perkenalkan diri ya, saya Linda FT 04. Dari kuliah tingkat 3 mulai seneng ngecraft. Sejak itu sampai sekarang, pekerjaan saya ya ga jauh-jauh dari craft. Mulai dari jualan produk craft, menulis buku craft , dan jadi tutor untuk workshop craft. Ibu dari satu anak, sekarang tinggal di Bandung.  Salam kenal semuanya !



22 comments :

  1. hai teh, salam kenal sy Furry AR10,
    asik banget liat archives nya banyaak :D
    semoga di tahun 2021 ini semakin banyak tulisan ya teh heheheh (ngomong ke diri sendiri juga)

    ReplyDelete
  2. Waa, salam kenal teh Linda. saya Wulan GD04. Keren bgt statementnya "lebih gampang nulis tutorial daripada nulis kaya gini",hihi..ditunggu postingan ttg crafting utk pemula yaaa,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya kalo tutorial udah jelas tahapannya teh, kalo menulis kayak gini, isian di kepala udah banyak, tapi masih acak2an bentuknya , jadi harus kerja keras disusun ulang

      Delete
  3. Salam kenal teh. Saya Rini FA05. Waah udah lama ngeblognya ya teeh.... Semoga makin semangat :)

    ReplyDelete
  4. Lagi nge-hits, itu, bikin diary berhias. Anak saya suka banget. Ayo bikin tutorialnya... Atau udah? πŸ€”πŸ˜ Saling menyemangati ya... πŸ€—

    ReplyDelete
    Replies
    1. Journaling ya teh? saya malah udah ga bikin2 diary, udah kebanyakan kerjaan, hehehe. yuk semangat teh

      Delete
  5. Hi Teh salam kenal saya Restu TI04. Sama banget saya juga mulai ngeblog tahun 2008. Pas lagi galau bikin TA haha. Semoga sama sama jadi konsisten nulisnya ya...

    ReplyDelete
  6. Salam kenal tehh saya Yuli SI08. Masya Allah hobi craft berujung bisnis yaa kereen. Semoga makin istiqamah nulisnya teh:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin teh, mudah2an kita semua konsisten nulis2nya yaa

      Delete
  7. Hai Linda, kenalin saya Meita Interior '02. Keren ya dari hobi crafting, sudah merambah ke mana-mana. Salut! Mari kita ramaikan bersama MGN yaa...

    ReplyDelete
  8. halo lindaa si mamah kreatif dan produktiff bgt, seneng baca tulisannya, seneng dengan semangat ambisiusnya.. salam kenal yaa (pura2 gak kenal dulu wkwkkw), smoga bisa ketularan rajinnya ibu ini...aaamiiin

    ReplyDelete
  9. Salam kenal Teeeh saya Laksita BM10. Wow baru tau bisa jualan craft gitu di rileks, dulu mengunjungi rileks buat download anime doang 😌
    Saya suka tampilan blognya simpel minimalis cantik hehe. Semoga makin semangat nulis blognya ya Teh

    ReplyDelete
  10. Duh...mamah produktif banget ini, keren teh, tetap semangat teh, semoga nular ke yang lain juga (ke saya sih lebih tepatnya :D). Salam kenal teh, saya Ayu GD 04 :).

    ReplyDelete
  11. Wooow mbaaa keren craftingnya. Gemees semua. Selalu pengen juga punya bisnis yg sebenernya passion pribadi. Salam kenal yaa mba :)

    ReplyDelete
  12. Halo mbak, salam kenal dari sesama mamah gajah, saya Risna IF95. Dulu saya suka craft juga merajut tepatnya, tapi belakangan ga pernah lagi hehee. Dulu sempet rajin juga tuh nulis seputar hasil karya. Mbak keren banget bisa rajin bikin tutorial. Semoga tetap lanjut ya membagikan ilmu lewat tulisannya.

    ReplyDelete
  13. Salam kenal teh, saya Gesti PL10. Iya yah saingan kita blogger sekarang Instagram Stories, tapi sekarang ada istilah Microblogging, bikin rangkaian IG Story isinya tulisan kayak blog.

    ReplyDelete
  14. Salam kenal Linda. Saya Sari, dengan nama pena : Rochma . Saya dari Kimia 89. Gak kebayang susahnya kuliah di TF. Eh kok ya bisa punya kesukaan dengan craft. Pastinya sudah bisa menghasilkan ya.. ok. Sukses dengan cfaft nya. Dan di MGN kita sama2 belajar menulis di blog agar lebih baik lagi ya...

    ReplyDelete
  15. Ngeblog emang beda ya Linda dari sekedar berbagi foto si IG atau FB. Di blog bisa ngedongeng panjang dan mudah dicari lagi kalau rapi ngasih label-labelnya.

    ReplyDelete
  16. Salam kenal teh :)
    Semangat kembali ngeblog lagi... Saya selama 14 tahun ngeblognya dari hp loh, hihihi...

    ReplyDelete

Back to Top